Penjelasan Descriptive Text Lengkap Beserta Contohnya

Descriptive Text dan cara membuat Descriptive Text

Hallo Guys, How's it going? Kali ini kita akan membahas Penjelasan Descriptive Text Lengkap Beserta Contohnya. Dalam bebera menit kedepan kita belajar tentang Bagimana Contoh Descriptive Text yang benar dan kita juga akan belajar membuat plus akan diberi Penjelasan Grammatical-nya. Oke tidak usah berlama-lama, langsung saja kita bahas ya...


Pengertian Descriptive Text. 

Duhh,, yang udah enggak sabar pengen tau cara buat Descriptive text, Sabar dulu ya guys, kita kenalan dulu yuk sama text ini, biar tambah sayang hehe. So, apasih Descriptive Text itu? kata banyak sumbersih...
Descriptive text is the text which describe and reveal what thing, place or person is like. 
Jadi intinya Descriptive Text itu menjelaskan detail apa yang seorang penulis lihat dan dengar tentang, penampakan sesuatu, rupa atau bentuk fisik seseorang dan gambaran sebuah tempat.Sebuah Descriptive text biasanya diawali dengan Indentifikasi (identification) sesuatu, seseorang atau phenomoena yang terjadi di suatu tempat. 
Ciri-ciri sebuah text itu dikatakan descriptive text yaitu terkandung banyak kata sifat (Adjective) dan menggunakan tenses simple present jika masih berkaitan dengan jaman now atau simple past jika mau mendescripsikan jaman old hehe

Contoh Descriptive Text.

Let me introduce to you the gorgeous wife of mine. She is the most beautiful women I have ever seen in my life. She has a tall figure which is very ideal. Her waist is slim, and she has the natural beige complexion with the long midnight-black hair flowed over her shoulder. She can be so charming when she smiles, and the lips of her are saccharine sweet lips, they are blossom soft. I can't wait to kiss her every time I am home from work.
Yup, seperti itulah contoh singkat dari Descriptive Text. Selanjutnya akan dijelaskan  grammatical dari contoh descripsi di atas.

Grammatical & Vocabulary

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa Descriptive Text menggunakan tenses simple present atau simple past, bagi yang belum kenal apa itu tenses bisa di baca di artikel saya tentang bagaimana cara menghafal tenses dengan cepat dan bagi yang sudah hafal dan ingin memahami tenses maka artikel ini cocok untuk kamu guys, 3 cara memahami tenses dengan mudah, Sebenarnya bisa saja membuat Descriptive Text dengan kalimat sederhana yang tidak melibatkan banyak Phrase, namun untuk menghasilan tulisan yang enak dibaca mau tidak mau kita harus melatih diri kita agar terbiasa menggunakan noun phrase. 

Nah oleh sebab itu guys di bawah ini kalian bisa lihat pola kalimat dalam membentuk paragraph singkat seperti contoh Descriptive Text di atas plus saya share vocabulary yang mungkin menurut kalian asing.
Examples Grammar Note
Let me introduce to you
Let’s, let: as Suggestions, offers, imperatives
the gorgeous wife Noun Phrase : Article + Adjective + Noun
of mine
Possesive with 'of :  of + possessive pronoun
She is She, he, it : use 'is as the auxiliary Verb
The most beautiful women superlative form of many, much + Adjective
I have
I, You, We They : Use 'have as the auxiliary Verb
She has She, he, it : use 'has as the auxiliary Verb

Sip, begitulah grammatical dalam penyusunan contoh Descriptive Text di atas dan setalah ini ada beberapa vocabulary yang mungking asing bagi kalian plus saya sertakan Synonym nya agar semakin banyak pembendaharaan katanya.
Vocabulary Synonym Meaning
Gorgeous Very attractive, Beautiful, Awesome, etc Cantik, indah Menawan
Figure Body, Shape, frame, etc. Rupa, bentuk fisik, tubuh
Beige Pale brown, buff, sandy, etc. Krem, Kekuning kuningan,
complexion Skin, Coloring, Texture, Hue, looks, etc.  Warna, Textur, Kulit, Rupa. 
Midnight-Black Black Hitam
Saccharine Sugary, cloying, etc Manis sekali, sarakin, semanis gula
blossom Bloom, Flower, floret, etc Mekar, berbunga, merekah, berkembang
saya kira cukup ya guys, kosakata tersebut diatas bisa kalian pakai untuk belajar membuat Descriptive Text yang tentu akan dijelaskan secara tuntas di bawah ini, so keep reading ya...

Cara membuat Descriptive Text

Duh senengnya, akhirnya sampai juga di bagian yang ditunggu-tunggu, bagaimana cara membuat Descritive Text. Oke ayo kita mulai.

Tahap awal untuk melatih membuat text adalah dengan mengetahui kelas-kelas kata dalam bahasa inggris yang sudah saya siapkan artikelnya lho dan bisa langsung di baca deh artikel tentang 8 bentuk kelas kata yang wajib diketahui. Selanjutnya mari kita mulai.

Pertama : Choose Your Topic

Hal yang harus ada dalam tulisan adalah topik. Topik yang dipilih bisa apa saja yang penting tidak menyulitkan kalian nantinya. Carilah topik yang menurut kalin "gue banget" dengan begitu kalian bisa membuatnya dengan perasaan gembira ria hehe

Kedua : Learn it 

yup, setelah mendapatkan topik di atas maka pelajari topik yang kalian pilih tersebut. cara yang sangat effektif untuk membelajari topik biasanya dengan menggunakan teknik WH Question. Buatlah pertanyaan mengenai topik yang kalian pilih kemudian coba jawab sendiri dan elaborai jawaban tersebut menjadi sebuat paragraf. Pertanyaan tersebut ya seputar...
  • Apa atau siapa ?
  • Seberapa tinggi/rendah?
  • Seberapa cantik?
  • Baunya bagaimana?
  • Warna kulit/baju nya apa?
  • Apa yang paling Khas dari nya?

Ketiga : Do it

Setelah mempelajari topik yang kalian pilih tersebut, kalin bisa langsung mulai menulis dengan menggunakan hasil penelitian yang sudah kalian lakukan tadi lalu cari vocabulary yang kemungkinan akan kalian pakai.
Misal saja kalian akan membuat Descripsi text tentang seokor kucing, maka yang pertama ada di benak kalian apa? Warna, bulu, jenis atau wajah tentu kosakata yang dibutuhkan sudah tergambar dibenak kalian semua. Kemudian buatlah Kalimat sederhana dari kosakata yang kalian kumpulkan tadi, setelah itu gabungkan setiap kalimat dengan Conjucton dan Descriptive Text kalian pun selesai...horee💃.
Oke, Untuk lebih mudahnya silahkan lihat tabel berikut.
Kucing Sentence / Phrase  Conjuction
aku I have a cat and
meong his name is meong.
Jantan he is male but
Cantik he is beautiful  and  
Panjang he has long fur
setelah membuat sekema seperti diatas baru kita elaborasi menggunakan bahasa yang lebih enak dibaca yang kira-kira menjadi seperti ini ...
I have very awesome cat. I call him meong. He is male but he is so beautiful and he has very long soft healty fur. He can run so fast I can not catch him when he runs. I love him so much.
Nah mudahkan..... silahkan praktekkan, latihan seperti itu sangatlah penting bagi pemula tapi jika kalian sudah cukup terlatih, saya rasa tidak butuh latihan seperti itu. Cukup perhatian poin pertama dan kedua setelah itu tulis saja. 

wah, sudah panjang lebar ya...semoga kalian tidak bosen... 
Demikain artikel ini saya tutup dengan bersyukur kepada Allah dan semoga artikel ini bermanfaar, Amin...

0 Response to "Penjelasan Descriptive Text Lengkap Beserta Contohnya"

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel