PENGERTIAN, CONTOH DAN PENGGUNAAN PHRASAL VERBS DALAM KALIMAT

http://ngeinggris.blogspot.com/2015/09/pengertian-dan-penggunaan-phrasal-Verb.html
Pengertian Phrasal Verbs adalah kata kerja (verb) yang dikombinasikan dengan Particle. Particle itu sendiri bisa berupa Adverb atau Preposition. Phrasal Verbs sangat penting untuk diketahui karena sering, bahkan sangat sering, digunakan dalam percakapan Formal maupun Informal dan digunakan dalam tulisan-tulisan berbahasa Inggris. Kata kerja yang dikombinasikan dengan particle itu mempunyai arti yang luas, maknanya bisa sama, mendekati sama dan terkadang sangat jauh dari arti dasar (basic meaning) kata kerja tersebut. 
Pengen tau juga Idiom dan Expression yang sering digunakan dalam aktifitas sehari hari ? Disini 
Contoh : Look yang arti dasarnya “Melihat” akan berbeda artinya jika bertemu particle.
Look up Melihat ke atas
Look after Merawat
Look for Mencari
Look out Waspada / hati-hati
Tidak ada cara khusus untuk mengetahui arti dari setiap Phrasal verbs tersebut. Satu-satunya cara adalah dengan menghafal setiap kata dan rajin membaca buku-buku berbahasa inggris.
Di bawah ini ada beberapa Phrasal Verbs yang sering muncul di percakapan sehari-hari ataupun dalam tulisan berbahasa inggris.

Account (Catatan, Laporan, Rekening)
- Account for = Memberi atau Menjelaskan sebuah alasan yang tepat
The treasurer of the class must account for the money she spends.
Bendahara kelas harus menjelaskan dengan jelas uang yang dia gunakan.
Allow (Mengizinkan, Membolehkan, Memenuhi)
- Allow for = Memungkinkan untuk…
It is around 50 kilometers to the next town but we have to allow for stops for refueling.
Sekitar 50 Km ke kota berikutnya tapi kita harus memungkinkan berhenti untuk mengisi bahan bakar.
Answer (Menjawab, Membalas, Menyahut)
- Answer back = membantah
Father “Why were you so late last night? You weren’t in till 2 AM”
Son “You should have been asleep”
Father “Don’t Answer me back. Answer my question”  
Ask (Bertanya, mengundang, meminta)
- Ask after (for somebody) = Menanyakan (kabar seseorang)
I met your brother in Japan; he asked after you…
Aku bertemu saudaramu di Jepang; dia menanyakan kabarmu.
- Ask…..in (object before in) = Mempersilahkan orang masuk rumah
Sinta did not ask me in, she kept me standing at the door.
Sinta tidak mempersilahkan aku masuk, dia membiarkanku berdiri di depan pintu.
- Ask…..out/ask out = Mengajak orang untuk bersenang-senang; ke café, karaoke dll. (biasnya tempat-tempat umum)
I have a lot of friends; they usually ask me out at Saturday night.
Aku punya banyak teman, mereka biasa mengajakku keluar pada malam minggu.
Back (punggung, sebelah belakang, sandaran)
- Back away = Mundur pelan-pelan
When the robber took the gun out everyone backed away nervously.
Ketika perampok mengeluarkan senjata semua orang mundur pelan pelan dengan takut.
- Back out = Menarik diri (dari aksi yang sebelumnya ingin diikuti)
My brother wanted to join the science competition but he backed out when he realized how many super smart boys Joined.
Saudaraku ingin mengikuti kompetisi ilmu pengetahuan tapi dia menarik dirinya ketika dia sadar betapa banyak anak-anak yang sangat cerdar ikut.
Be (is, am, are, were, was, been)
- Be against (often followed by gerund)= Melawan
I am against doing anything before the police come.
Aku melawan dengan melakukan apa saja sebelum polisi dating.
- Be away = Pergi keluar rumah setidak-tidaknya 1 malam
- Be out = Pergi keluar rumah
- Be back = kembali kerumah
He was out at the moment or
He was away for weekend
And he will be back 2 days later.
- Be over = Selesai
The rain is over now, we can go on.
Hujanya sudah reda, kita bisa lanjutkan
Mam, the lighting is over now, can we watch TV anymore?
Ma, Petirnya sudah selesai, bisakah kita nontoh tv lagi?
- Be up = Keluar dari kamar tidur
Don’t knock at my door at six o’clock on Sunday, I won’t be up.
Jangan ketuk kamarku pada jam 6 di hari minggu, Aku tak akan keluar.
- Be up to = Kemampuan fisik atau Intelektual yang cukup kuat (untuk melakukan pekerjaan). Objeknya biasanya benda, meskipun Gerund juga bisa.
After getting accident the headmaster continued his work in office even though he was no longer up to the work / up to doing the work.
Setelah kecelakaan, kepala sekolah melanjutkan pekerjaanya di kantornya meskipun dia tidak cukup kuat mengerjakan pekerjaanya.
- It is up to someone (often followed by an infinitive) = Terserah
I have helped you as much as I can. Now it is up to you.
Aku sudah membantumu sebanyak yang aku bisa, sekarang terserah kamu.
Bear (Beruang, Melahirkan, Menahan)
- Bear out = Menegaskan, Menguatkan.
This report bears out my theory, (Bears my theory out/bears it out)
Laporan ini menguatkan teori saya
Blow Meniup    
- Blow out = Memadamkan
My little brother blew out that candle when it was heavy rain yesterday night, (blew the candle out/blew it out)
Adikku memadamkan lilin itu ketika hujan lebat kemarin malam.
- Blow up
(a)    Menghancurkan dengan ledakan
They blew up the bridges so that the enemy couldn't follow them, (blew the bridges up/blew them up)
Mereka meledakkan jembatan itu jadi musuh tidak dapat mengikuti mereka.
(b)   Meniup dengan angin kedalam sesuatu.
The children blew up their balloons and threw them into the air. (Blew the balloons up/blew them up)
Anak-anak meniup balon-balon mereka dan melemparkanya ke udara.
Boil Mendidihkan
- Boil away = Mendidihkan cairan hingga menguap habis
I put the kettle on the gas ring and then went away and forgot about it. When I returned, the water had all boiled away.
Aku menaruh teko di atas kompor gas kemudian aku pergi dan lupa dengan teko tesebut. Ketika aku kembali, airnya sudah habis mendidih.
Bring
- Bring up = Mendidik dan melatih anak-anak:
She brought up her children to be truthful, (brought her children up/brought them up)
Dia mendidik anak-anaknya untuk jujur.
Burn
- Burn down = Menghancurkan atau dihancurkan secara total dengan api
The enemy burn down the city only one night
Musuh menghancurkan kota hanya satu malam.
Care
- Not to care about = Perduli
The teacher said that he was interested only in value; he didn’t really care about the condition of his tudents.
Guru itu berkata bahwa dia Cuma memerhatikan nilai; dia tidak terlalu perduli dengan kondisi murit-muritnya.
- Care for (tr) terawat
The house looked well cared for.
Rumah itu terlihat terawat denga baik.
Carry
- Carry on = melanjutkan (biasanya berupa tugas):
I can't carry on alone any longer; I'll have to get help.
Aku tidak bisa lagi melanjutkannya sendirian; aku harus dapat bantuan.
- Carry on with (tr) melanjutkan:
The doctor told her to carry on with the treatment.
Dokter menyuruhnya terus menjalani pengobatan.
- Carry out (tr) = Melaksanakan (Perintah), Patuh (Orders, instructions),
You are not meant to think for yourself; you are here to carry out Orders.
Kamu tidak untuk memikirkan dirimu sendiri; kamu disini utuk Melaksanakan Perintah.
He read the instructions but he didn’t carry them out catch
Dia telah membaca instruksinya tapi dia tidak melaksanakanya.
Clean
- Clean out (tr) a room/cupboard/drawer etc. = membersihkan dan merapikan:
I must clean out this dirty room.
Aku harus membersihkan kamar ini.
Close
- Close down (tr or intr) = Tutup secara permanen (toko atau bisnis):
Trade was so bad that many small shops closed down and big shops closed some of their branches down.
Perniagaan sudah sangat buruk membuat banyak toko-toko kecil tutup dan toko-toko besar menutup sebagian cabang-cabang mereka.
Come
- Come along/on (intr) = Kemari, temani aku, kesinilah..
Came along, I’ll show you how wonderful magic is.
Kemarialah, akan aku tunjukkan betapa kerenya sulap itu.  
- Come into/in (tr) = Masuk
Someone knocked at my door and I said, 'Come in.'
Seseorang mengetuk pintu and aku berkata, “Masuk”
Come into the garden and I'll show you my beautiful roses.
Masuklah kebun dan akan aku tunjukkan padamu bunga mawar indahku.
Feel
- Feel up to (tr) = Merasa cukup kuat (untuk melakukan aktivitas)
I don't feel up to tidying the kitchen now. I'll do it in the morning.
Aku tidak merasa cukup kuat untuk merapikan dapur sekarang. Akan ku rapikan pagi nanti.
Get
- Get away (intr) = Kabur, meninggalkan.
I don’t have any business with you so get away from her before I kick your ass.
Aku tak punya urusan denganmu jadi tinggalkan dia sebelum ku hajar kau. 
- Get back (tr) = Mengembalikan, mendapat.
If you lend him a book he 'II lend it to someone else and YOU'II never Get it back, (get back your book/get your book back)
Jika kamu meminjaminya buku dia akan meminjamkannya pada orang lain dan kamu tak akan pernah mendapatkan buku itu lagai.
- Get back (intr) = Sampai rumah lagi:
We spent the whole day in the hills and didn’t get back till dark.
Kami seharian di bukit  dan belum sampai rumah hingga petang.
Go
- Go ahead (intr) = laksanakn, lanjutkan, duluan (berjalan):
You go ahead and I'll follow; I'm not quite ready.
Kamu duluan dan aku nyusul; aku belum selesai
- Go away (intr) = meninggalkan, tinggalkan aku.
Please go away; I can't work unless I am alone.
Tolong tinggalkan aku; aku tak akan bisa bekerja kecuali aku sendirian
- Go back (intr) = Kembali
I'll never go back to that house. That house is full of demons.
Aku tak akan kembali kerumah itu lagi. Rumah itu penuh dengan setan.  
- Go on (intr) = Terus (Berjalan):
Go on till you come to the crossroads.
Trus (Berjalan) saja sampai kamu temukan persimpangan.
- Go on (intr), go on with (tr). Go on + gerund = Melanjutkan atkivitas:
Please go on Dancing; I like it.
Truslah menari; Aku suka itu.
Grow
- Grow up (Intr) = Dewasa:
“I’m going to be a pop star when I grow up” said the boy.
“Aku akan menjadi bintang Pop ketika aku dewasa”. Kata anak itu.
Hold
- Hold on (Intr) = Menunggu (Khususnya dalam telpn):
Yes, Mr. Pitt is in. If you hold on for a moment I'll get him for you.
Ya, Mr.Pitt ada. Kalau kamu tunggu sebentar akan aku panggil dia.
Let
- Let someone down (tr) = Mengecewakan:
I don’t want to let you down
Aku tidak mau mengecewakanmu
Look
- Look after (tr) = Merawat:
Will you look after my parrot when I am away?
Maukah kamu merawat burung beoku ketika aku pergi?
Pay
-Pay back (tr), pay someone back (tr or intr) = Mengembalikan/membayar Hutang.
I must pay back the money that I borrowed.
Aku harus mengembalikan uang yang aku pinjam.
Pick
- Pick out = Memilih:
Here are six rings. Pick out the one you like best.
Disini ada enam cicin. Pilih satu yang sangat kamu suka. 
I know that you are in this photograph but I can't pick you out.
Aku tahu bahwa kamu ada di potret ini tapi aku tidak bisa memilihmu.
- Pick up (tr) = Menjemput
When my uncle arrived yesterday, I picked him up.
Ketika pamanku tiba kemarin, aku jemput dia.

Demikianlah Pembahasan Phasal Verb pada kesempatan ini... Semoga bermanfaat. Pelajari Juga bagaimana anda bisa menghafal Vocabulari dengan cepat dan tidak mudah lupa.

0 Response to "PENGERTIAN, CONTOH DAN PENGGUNAAN PHRASAL VERBS DALAM KALIMAT"

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel