4 JENIS PAST FUTURE TENSES LENGKAP YANG MUDAH DIPAHAMI (PENGERTIAN, RUMUS DAN CONTOHNYA)

fast future tense or future in the past

PENGERTIAN DAN FUNGSI PAST FUTURE TENSES 

Jujur saja, dari sekian banyak tenses hanyalah 4 jenis past future tenses ini yang paling sulit dipahami. Kesulitan yang paling banyak dialami para pelajar bahasa Inggris dalam memahami 4 jenis past future tenses ini mungkin karena kesalah pahaman mereka. Mungkin dalam benak mereka tenses ini memiliki 2 waktu yang saling bertolak belakang, past dan future. Padahal Past Future tenses atau istilah grammaticalnya Future in the past murni sebuah kejadian yang telah terjadi. Lho! terus apa bedanya dengan past tenses? Perhatikan contoh berikut. 
  • The last time I met him, he was going to teach Bahasa Indonesia in Jakarta the following day (Bentuk past tense dari he is going to teach)
Terakhir aku ketemu dia tuh, besoknya dia mau pergi ngajar BI di Jakarta.  
  • He said he would join us at the party but then the traffic was jammed. So, It canceled.  (Bentuk past future tense dari he will join us) 
Dia ngomongnya sih mau gabung sama kita di pesta itu tapi kemudian jalanan macet. Jadi bataldeh. 
 
Nah, dari 2 contoh di atas maka bisa dipahami bahwa sebenarnya past future tense adalah sebuah cara kita ngomong rencana atau sebuah aktifitas yang akan dikerjakan di titik waktu dimasa lalu. 
 
Kalo masih bingung, coba deh bayangakan kalo kamu pengen cerita tentang sebuah kejadian yang membuat kamu membatalkan rencana yang sudah kamu siapkan. Pasti kamu akan ngomong gini "Kemarin tuh sebenarnya aku akan pergi kerumahmu tapi tiba-tiba hujan lebat jadi batal deh" Nah, ketika kamu ngomong sebuah kejadian yang akan kamu kerjakan di masa lalu tapi karena satu dan lain hal ternyata batal, itulah yang disebut Past Future tense. Sampai disini semoga bisa dipahami. 
 
Trus apa mesti harus bentuk sebuah rencana?
Ya engak juga sih, ada beberapa bentuk kalimat yang bisa dibuat dengan past future tense, bentuk-bentuk itu antara lain bisa berupa sesuatu yang dijanjikan, direncanakan, bisa berupa angan-angan dan harapan atau bahkan sebuah kejadian yang harus dilakukan di masa depan tapi tetap dalam konteks masa lalu. 

RUMUS DAN CONTOH PAST FUTURE TENSES

Menghafal Rumus Past Future sebenarnya paling mudah karena rumus besarnya sama persis dengan future tense. Hanya saja, kalian tingal merubah "will" menjadi bentuk past "would", namun untuk memahami fungsi dan penggunaan future maka perlu dijelaskan lebih rinci mengenai 4 Jenis past future tenses dengan lengkap dan mudah untuk dipahami. Berikut adalah 4 Jenis Past Future Tenses yang harus kamu ketahui.


Past Future Tenses
Jika kita lihat dari seluruh rumus Future Tense maka terlihat bahwa sebenarnya semua rumusnya sama persis dengan Future Tenses, Hanya saja kata Will diganti menjadi Would dan selebihnya semuanya sama. Berikut contoh future tenses

Contoh Future Tenses lengkap

KETERANGAN WAKTU PAST FUTURE TENSES

 Keterangan waktu dalam tenses past future tenses terdiri dari: 
  • The week before : Minggu sebelumnya
  • The day before : Kemarin lalu
  • Last week : Minggu Kemarin
  • Yesterday : Kemarin
  • The next day : Keesokan harinya
  • Last month : Bulan Lalu
  • Last year : Tahun lalu
  • dll
Tenses bentuk ini memang jarang digunakan dalam kalimat tunggual, Past future tenses sering digunakan untuk kalimat yang memerlukan kalimat lain sebagai pendukungnya. Seperti pada bentuk kalimat conditional sentence yang akan kami jelaskan di pertemuan lain.

KESIMPULAN

4 Jenis past future tenses ini yang kami bahas secara lengkan dan mudah dipahami memang sangat sering digunakan bersama dengan conditional sentence. Tapi dalam percakapan sehari-hari juga sering digunakan untuk menjelaskan sebuah kondisi dimana kita butuh menceritakan sebuah janji, rencana, angan-angan dan harapan di masa lalu yang tidak ada kaitanya dengan masa sekarang. 

Sekian penjelasan 4 jenis past future tenses lengkap yang mudah dipahami, semoga bermanfaat. Amin.

0 Response to "4 JENIS PAST FUTURE TENSES LENGKAP YANG MUDAH DIPAHAMI (PENGERTIAN, RUMUS DAN CONTOHNYA)"

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel