4 JENIS PAST TENSES LENGKAP DAN MUDAH DIPAHAMI (PENGERTIAN, RUMUS DAN CONTOHNYA)

Past Tense

Kalian yang suka bingung dengan perubahan waktu dalam kalimat bahasa Inggris tentu sudah tidak asing lagi dengan tenses yang satu ini. Yup, Past Tense. Memang alasan yang sangat lumrah kita dengar dari para pemula adalah sulitnya mempelajari Tenses dalam bahasa Inggris. Diketahui bahwa dalam bahasa Inggris setiap perubahan kalimatnya sangat dipengaruhi oleh perubahan waktu kejadian perkara (event) dalam kalimat tersebut. Past Tenses adalah salah satu tenses yang menerangkan kejadian yang sudah berlalu. Untuk Lebih jelasnya coba lihat gambar di atas. 

PENGERTIAN PAST TENSE 

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa past tense adalah sebuah tenses yang menerangkan kejadian di masa lampau (past) dan tidak ada kaitanya dengan masa sekarang (Present). Tenses ini sangat sering kita jumpai pada narrative text, cerita dan dongeng-dongeng bahasa Inggris. 
Past tense sendiri memiliki 4 jenis tenses yaitu: 
  • Simple Past
  • Past continuous / Progressive
  • Past Perfect 
  • Past Perfect Continuous
Masing-Masing jenis past tense itu memiliki Fungsi yang berbeda beda yang akan kami terangkan pada chapter berikutnya. 

JENIS-JENIS PAST TENSE DAN CONTOHNYA 

Simple Past Tense

Menurut Betty Schrampfer Azar dalam dalam Understanding and Using English Grammar Past Tense adalah "The simple past indicates that an activities or situation began and ended at particular time in the past"  yang bisa diartikan bahwa simple past adalah sebuah tenses yang menerangkan sebuah aktivitas atau kejadian yang bermula dan berakhir di masa lampau. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :  

Simple Past
 
Contoh :
  • I walked to school yesterday.
  • I bought the new car three days ago.
  • Shinta lived in Jakarta for 2 years, but now she lives in Surabaya. 
  • They went to Malaysia two days ago
  • The Police Reported an accident at Jl Belora Yesterday.  

Past Continuous / Progressive Tense 

Past Progressive Tense adalah sebuah tenses yang menerangkan sebuah kejadian yang sedang terjadi di masa lampau ketika kejadian yang lain juga terjadi. Bingung ya? dari pada bingung coba lihat gambar berikut. 

Past Continuous tense

Contoh :
  • I was walking to school when she called me yesterday.
  • She was studying art at her teacher's studio.
  • They were going to the city by motorcycle when the police stopped them. 
  • The Police was reporting an accident at Jl Belora Yesterday on the TV. 

Past Perfect Tense  

Past perfect ini menjelaskan sebuah kejadian yang sudah selesai dikerjakan di masa lampau ketika kejadian lain terjadi. Past tense jenis ini memang agak rumit untuk dijelaskan namun kami akan coba untuk menganalogikan agar mudah di pahami. 
Oke, bayangkan jika kemarin kamu sedang membeli beras di sebuah toko, setelah berjalan selama 12 jam akhirnya kamu nyampek toko nih, terus kamu langsung beli 10 kg beras, setelah itu kamu bayarkan ke om-om penjualnyakan, nah nabis itu kan kamu pulang tuh. Setelah nyampek rumah eh tiba-tiba temenmu datang, trus mereka ngajak ngopi ke kafe langganan. Nah, kan ada 2 aktivitas tuh, yang pertama kamu beli beras trus yang kedua kamu diajak ngopi temenmu. Aktifitas pertama sudah kelar kan, lalu aktivitas lain baru dimulai. Kondisi seperti itulah yang disebut Past Perfect Tense. Agar lebih mudah lagi dipahami coba lihat gambar berikut deh. 
 
Past Perfect Tense
Contoh :
  • They had Started singing competition by the time I entered the studio.
  • She had already studied Bahasa before her mam called her 

Past Perfect Continuous tense

Setelah Past perfect tense yang cukup memusingkan sekarang kita akan membahas Past Perfect Continuous tense yang juga biasa disebut past perfect progressive tense. Past Perfect Continuous tense ini adalah sebuah kejadian yang telah dimulai di waktu lampau dan berlajut hingga waktu yang lainya di masa lampau dan berakhir dimasa lampau. Untuk memahami Past perfect Continuous Tense ini memang butuh pemahaman yang dalam. 
Coba kamu bayangkan bahwa ada seseorang yang kaya raya, dia itu baik banget. Karena terjadi penyebaran virus korona diapun terketuk hatinya untuk membangun satu rumah sakit yang memiliki fasilitas super keren. Lalu dia mulai membangun rumah sakit itu sejak 5 bulan yang lalu, karena membutuhkan dana yang sangat banyak akhirnya ada seseorang yang pengen bantuin, orang itu menyumbang dana sebesar 1 juta USD setelah satu bulan proses pengerjaan rumah sakit itu. akhirnya rumah sakit itu selesai 3 bulan kemudian Nah, Past Perfect Continuous tense itu menjelaskan sebuah kejadian yang berlangsung dimasa lalu, berlajut dimasa lalu dan juga berakhir di titik waktu yang telah ditentukan di masa lalu. Bingung? yuk kita lihat gambar dan contohnya. 

Past Perfect Continuous Tense
 Contoh :
  • The Police had been looking for him for two years before they caught him.
  • I went to the Shofia's house after her husband pass away. Her eyes were bloody red because she had been crying for two hours. 

Kesimpulan 

Past Tense adalah tenses yang memungkinkan kita untuk bercerita atau memberikan laporan tentang sebuah peristiwa dimasa lampau dalam berbagai bentuk kejadian. 
Dari yang bentuknya Simple, Sontinuous, Perfect dan Perfect Continuous. Jadi Memahami dengan Past tense sangatlah penting bagi kita.
Semoga Artikel ini bermanfaat, Wasalam.  

0 Response to "4 JENIS PAST TENSES LENGKAP DAN MUDAH DIPAHAMI (PENGERTIAN, RUMUS DAN CONTOHNYA)"

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel