Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Bisa Menguasai Bahasa Inggris Dengan Cepat.

Menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan cepat adalah impian setiap orang. Karena menguasai bahasa Inggris sudah menjadi keharusan bagi siswa atau masyarakat umum agar bisa survive di zaman yang serba cepat ini. Meskipun begitu banyak orang yang masih sulit untuk menguasai bahasa Inggris meskipun sudah mencoba berbagai metode yang banyak bertebaran di internet.

Sebenarnya ada banyak cara untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat tapi banyak dari kita tidak menyadari itu. Oleh karena itu berangkat dari pengalaman pribadi kami dan pengalaman-pengalaman teman-teman kami yang sudah berkecimpung dalam dunia mengajar bahasa Inggris kami akan membagikan cara yang terbukti ampuh untuk menguasai bahasa inggris dengan cepat. 

Kuasai bahasa Indonesia terlebih dahulu


Kesulitan paling umum terjadi dalam menguasai bahasa Inggris biasanya pada penguasaan Grammatical atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Sebenarnya untuk menguasai Grammatical dengan mudah kuncinya adalah menguasai tata bahasa Indonesia terlebih dahulu. 

Ini sudah terbukti dalam banyak siswa yang kami didik bahwa siswa yang memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang baik cenderung lebih mudah mengusai bahasa Inggris. Bahkan kami sering mencontohkan tata bahasa Indonesia yang sebenarnya punya banyak kemiripan dengan bahasa Indonesia. 

Contoh paling sederhana adalah dalam penggunaan kalimat verbal dan nominal. Siswa yang menguasai bahasa Indonesia dengan baik akan langsung mengerti maksud dari kalimat verbal dan kalimat nominal tanpa kita jelaskan ke mereka versi bahasa Inggrisnya. Kebanyakan mereka akan mengerti bahwa kalimat verbal adalah kalimat yang dalam predikatnya mengandung kata kerja dan kalimat nominal adalah kalimat yang di dalamnya tidak menganduk kata kerja. 

Sebaliknya, siswa yang tidak mengerti dengan kedua unsur kalimat tersebut akan kebingunan untuk membedakan apa itu kalimat verbal dan apa itu kalimat nominal. Bahkan kami harus mengajari mereka bahasa Indonesia dulu untuk kemudian kami giring pemahaman mereka ke dalam bentuk  bahasa Inggris. Memang terkadang cukup menyebalkan jika mengajari siswa yang bahasa Indonesianya saja tidak paham, apalagi dalam bentuk bahasa Inggris. Ini juga mungkin karena minat baca dan menulis siswa Indonesia sangat kurang sehingga mereka tidak begitu paham dengan bahasa Nasional mereka sendiri. Oleh sebab itu kami selalu menyarankan agar para siswa menguasai dengan baik bahasa Nasional mereka sendiri sebelum menguasai bahasa Inggris dengan baik. 

Memang tidak menutup kemungkinan jika bebera orang memang bisa cepat bahasa Inggris tanpa harus menguasai bahasa Indonesia terlebih dahulu, bahkan beberapa dari mereka justru paham tata bahasa Indonesia setelah paham grammatical bahasa Inggris. Tapi tentu effort juga berbada. 


Kuasai Kelas-Kelas Kata


Rasanya sangat sulit bagi kita untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat jika kita tidak kurang mengenal dan paham betul tentang kelas-kelas kata. Kata adalah komponen paling penting dalam pembentukan kalimat, jika kita ingin membuat sebuah kalimat tentu kita harus memilih kelas kata apa yang harus kita gunakan. Kebanyak orang tidak paham dengan fungsi dari masing-masing kelas-kelas kata ini sehingga mereka sulit menempatkan kata yang tepat dalam sebuah kalimat. 

Menghafal kelas-kelas kata tentu tidaklah sulit tapi memahami fungsi dan peranan kata dalam sebuah kalimat tentu certia lain. Oleh sebab itu memang penting sekali untuk menguasai kelas-kelas kata dalam bahasa Inggris agar bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Kebetulan kelas kata dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tidak jauh berbeda. Tentu siswa atau orang yang telah memahami kelas-kelas kata dalam bahasa Indonesia akan lebih mudah memahami kelas kata dalam bahasa Inggris. 


Kuasai Cara Membuat Kalimat


Setelah menguasai bahasa Indonesia dan menguasai kelas-kelas kata maka hal yang perlu dipelajari selanjutnya adalah menguasai bagaimana cara membuat sebuah kalimat. Jangan dulu pikirkan jenis-jenis kalimat dan keterangan waktu (tenses) yang mempengaruhinya. Belajar dulu bagaimana sebuah kalimat itu dibentuk. 

Contoh: Jika dalam bahasa Indonesia Kalimat dibentuk dengan  rumus S + P + O dan ditambah K (Keterangan) jika perlu maka dalam bahasa Inggris pun sama, kalimat dibentuk dengan rumus S + V + O. Cuma bedanya keterangan waktu dalam bahasa Inggris sangat mempengaruhi perubahan Predikat atau Kata kerja dalam sebuah kalimat. 

untuk kalian yang belum mengerti tentang perubahan itu jangan dulu pikirkan. Buat saja kalimat yang ingin kamu buat tanpa memikirkan bentuk tensesnya. Jika sudah lancar baru pikirkan bagaimana sebuah kata kerja dalam kalimat itu bisa berubah jika kata keterangan waktunya juga berubah. 


Hafalkan vocab

Upps, tenang. Jangan nyolot dulu kalo disuruh hafalan. Untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat tentu harus Hafalan Vocabularies. Karena itu penting, tapi ada caranya biar hafalanmu itu ada gunanya. Cara menghafal vocab yang baik itu bukan dengan cara menghafal kata per kata, tapi dengan cara membuat kalimat yang sedehana. 

Contoh: 
Anggap saja kamu ingin menghafal sebuah kata "memasak". Jangan pernah menghafal dengan cara membaca kata dalam bahasa Inggrisnya lalu diikuti dengan mambaca artinya "Cook artinya Memasak". Bukan seperti itu hafalan Vocab yang effektif. Cara yang effektif adalah dengan membuat kalimat dari kata yang sedang kamu hafalkan. Jika kalian ingin menghafal kata "memasak" ya buat saja kalimat sederhana "Saya memasak nasi / I cook rice" dengan begitu kata yang sedang kamu hafalkan tidak berdiri sendiri tapi ada kata yang mendukung kamu untuk membayangkan sebuah proses pekerjaan. Proses itu yang membuat kamu cepet hafal. 

Untuk lebih paham dengan cara menghafal vocab agar tidak mudah lupa bisa kalian baca halaman berikut : 3 Cara Menghafal vocab agar tidak mudah lupa.  


Kesimpulan 

Untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat terlebih dahulu harus menguasai Bahasa Indonesia, karna banyak sekali persamaan antara bahasa indonesia dan bahasa inggris dalam hal tata bahasa. setelah itu kamu harus paham betul dengan apa yang namanya kelas-kelas kata baik dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris karena kata adalah komponen penting dalam pembentukan kalimat. 
setelah itu hal yang harus kalian lakukan adalah menguasai pembentukan kalimat, kalian bisa belajar membuat kalimat sedernaha sambil menghafal vocab yang ingin kalian hafalkan. 

Jika kalian mau terus belajar dan belajar Insya Allah, Allah akan memudahkan kalian dalam menguasai Bahasa Inggris dengan cepat. 









0 Response to "Cara Ini Terbukti Ampuh Untuk Bisa Menguasai Bahasa Inggris Dengan Cepat."

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel