PRONOUNS : CARA CEPAT MENGHAFAL PRONOUNS DENGAN MENGGUNAKAN LAGU

pronoun

Hi, What’s Up? Hope you're all in good condition and always be ready to learn. 
Are you ready?....
Oke, Kali ini saya akan membahas salah satu parts of speech paling dasar yang wajib diketahui oleh siapa saja yang pengen bisa bahasa inggris.
Yup Pronouns,,,,terlihat sangat mudah, tapi banyak pelajar bahasa Inggris kurang memahami sehingga sering sekali salah jika harus menyebutkan kata ganti orang ketiga tunggal baik itu Cowok atau Cewek ( “He” atau “She”)
Okelah,,,,, basa basinya udahan aja ya....

Apa itu pronoun?

Pronouns adalah kata ganti yang berfungsi untuk mengganti penamaan benda yang bisa berupa mahluk hidup ataupun benda mati. Posisi Pronouns dalam kalimat bisa berada di subject, object, atau juga bisa jadi possesive (Kepemilikan)

Jenis jenis pronouns

Di beberapa buku mungkin akan kita temukan pemisahan antara Personal Pronoun, Possessive Pronoun dan Reflexive pronoun. Jujur ketika dulu saya pertama belajar bahasa inggris, saya dibuat bingung dengan pemisahan-pemisahan jenis pronoun tersebut namun ketika saya belajar di Kampung Inggris kebingungan itu seakan sirna karena guru saya memberikan tabel di bawah ini:

Subject. Pro
Object. Pro
Possessive Adjective
Possessive. Pro
Reflexive
I
Me
My...........
Mine
Myself
You
You
Your.......
Yours
Yourself
We
Us
Our.........
Ours
Ourselves
They
Them
Their.......
Theirs
Themselves
She
Her
Her..........
Hers
Herself
He
Him
His..........
His
Himself
It
It
Its............
Its
Itself

Tabel di atas menunjukan bahwa sebenarnya pronouns yang dipisah-pisah tersebut bisa digabungkan dan jika ingin menghafalnya akan menjadi sangat mudah. Apa lagi kalau dibuat lagu, tambah mudah untuk menghafalnya, mungkin jika pembaca ada yang pernah belajar bahasa Inggris di sebuah desa yang sangat terkenal yang bernama Desa Telung Rejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sudah pada ngeh dengan lagu sederhana untuk menghafal pronoun ini, namun bagi anda yang belum pernah ke kampung Inggris jangan kawatir, saya berikan liriknya di bawah ini.
" I bring my book for me myself because this book is mine You bring your book for you yourself because this book is yours We bring our book for us ourselves because this book is oursThey bring their book for them themselves because this book is theirsShe brings her book for her herself because this book is hersHe brings his book for him himself because this book is hisIt brings its book for it itself because this book is its"
Saya tau apa yang ada di benak anda setelah membaca liriknya. Iya. Bingungkan? Hehehe memang sedikit aneh sih jika dilihat dari ketepatan tata bahasanya (Grammar) namun percaalah (kalo engak percaya juga engak papa J) lirik tersebut di atas benar-benar ampuh untuk media pembelajaran apalagi bagi anda yang suka musik dan sering menggunakan audio visual untuk media pembelajaran.

Apakah ada Jenis lain dari Pronouns?
Iya, Ada !!!....Mereka ada di bawah ini. So, Keep Reading Guys


Demonstrative Pronouns (This/These,That/Those)

Penggunaan This/These, That/Those pada pronoun yaitu untuk menunjukkan jarak antara pembicara dan objek yang mau disebutkan.

Sekedar mengingatkan, bahwa This/These, That/Those juga digunakan di adjective... pengen tahu bedanya apa? temukan jawabanya di
KUPAS ADJECTIVE SAMPAI TUNTAS

Oke, Kembali ke leptopp, eh ke topik maksudnya....hehehe
Seperti pada pengertianya, Demonstrative Pronouns adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan jarak :
This = ini (untuk benda tunggal)
That = itu (untuk benda tunggal
These = ini (untuk benda lebih dari 1/jamak)
Those = itu ( untuk benda lebih dari 1/ jamak)

Contoh atau Syontohnya hehehe
This is my car and that is yours (ini mobilku dan itu mobilmu)
These are your books, those are mine (ini bukumu, itu buku ku)
These are all vegetables I really like (ini semua adalah sayuran yang sangat saya suka)

Indefinite Pronouns (Another, anybody, one, more, etc)

Seperti namanya, Indefinite pronouns (Pronouns yang tidak tentu). Jenis pronouns ini menunjukkan atau mengacu pada seseorang atau sesuatu yang tidak menentu. Di bawah ini Indefinite Pronouns yang harus diketahui berserta jenisnya.

Singular (Another, anybody, anyone, anything, each, either, everybody, everyone, everything, one, nothing, somebody, someone, something.)
Plural (Both, Few, many, Other, Several)
Singular/Plural (all, any, more, most, none, some)
Contoh kalimatnya seperti ini:
Singular = Everybody is not ready to do this work 
(setiap orang tidak siap untuk mengerjakan pekerjaan ini)
Plural = Both of you are called by Mr. President right now. 
(Kalian berdua dipanggil oleh Bapak presiden)
Singular/Plural=All of student did their homework well.(Semua siswa telah mengerjakan PR nya dengan baik)
All of student is ready for facing the examinations.
(Semua siswa siap untuk menghadapi ujian)


Relative Pronouns (Who, whom, whose, which dan that)

Pembahasan relative pronoun ini memang sedikit ribet. Tapi secara sederhana kita akan coba membahasnya. Relative pronoun adalah kata yang digunakan untuk merangkai Anak Kalimat dengan Induk Kalimatnya. Masih ingatkan pelajaran bahasa Indonesia waktu Es-Em-Aa? Dalam bahasa Indonesia kata “yang” bisa diterjemahkan dalam bahasa inggris dengan kata Who, whom, whose, which dan that. 
Ayo kita lihat contohnya....

Do you believe to the people who stands in front of you?
(Apakah kamu bercaya dengan orang yang berdiri didepanmu?)
Mr. Khan to whom I work every morning is very nice person.
(Bapak Khan yang padanya kau bekerja tiap pagi adalah orang baik)

Oke, sepertinya sudah larut malam. Hmmm Grammar memang pelajaran yang menarik untuk dipelajari bagi anda yang suka menganalisa. Tapi percayalah, jika anda terlalu dalam mempelajarinya, kemampuanmu Speaking (berbica) anda akan buruk. Pelajari Grammar dengan santai, latihlah speaking secara terus menerus, hafalkan 8 Bentuk Kelas-Kelas Kata yang wajib anda ketahui dan yang paling penting BERANI.

Ingin tau tips belajar bahasa inggris yang cepat? Jangan bosan untuk berkunjung di blog ini hehehe.

0 Response to "PRONOUNS : CARA CEPAT MENGHAFAL PRONOUNS DENGAN MENGGUNAKAN LAGU"

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel