Penjelasan Narrative text lengkap: Contoh dan analysis grammaticalnya

NGEINGGRIS.BLOGSPOT.COM

Hi everyone, tau enggak si kalo mengerti penjelasan Narrative text secara lengkap, mengetahui contoh narative text dan paham dengan analisis gramatical narative text sangatlah penting lho, apalagi bagi kamu yang akan melanjutkan pendidikan keluar negeri, pastinya akan menghadapi ujian TOEFL atau IELTS. Nah narative ini adalah salah satu text yang diujikan lho..

Narrative text itu adalah cerita fiksi yang tujuanya hanyalah untuk menghibur pembaca, yang namanya cerita fiksi ya isinya hayalah atau imajinasi dari si penulisnya guys, ceritanya bisa diilhami dari dongeng yang berkembang di masyarakat setempat atau murni dari imajinasi si penulis. 

Contoh narrative text yang terkenal itu ya seperti: Cinderella, Snow white, Sangkuriang, alice and wonderland dan masih banyak lagi cerita fiksi yang bisa kalian temukan di toko buku atau googling. 

Pengertian Narrative Text 

Secara bahasa ni guys narrative itu sebenarnya diambil dari bahasa latin "narrare" yang artinya "to tell" atau menceritakan lho, Sedangkan Menurut cambridge dictionary yang dinamakan narrative text adalah "a story or description of series event". Ada juga ni sumber lain  yang mengartikan narative text seperti ini: 
A narrative is some kind of retelling, often in words, of something that happened (a story). The narrative is not the story itself but rather the telling of the story -- which is why it is so often used in phrases such as "written narrative," "oral narrative," etc. 
Panjang bener ya, hehehe penjelasan di atas menerangkan bahwa intinya narrative text itu :
Semacam menceritakan ulang, biasanya dengan kata-kata, tentang suatu peristiwa yang terjadi. Naratif itu bukan ceritanya namun cara menceritakan/Pengisahan sebuah cerita itulah yang disebut naratif. mangkanya ada istilah "Written Narrative" "Oral Narrative", dan lain-lain. 

Generic Structure / Struktur Text

Cara gampang membedakan sebuah text dengan macam text lainya adalah dengan mengetahu struktur text tersebut. Karna setiap text tersebut pasti memiliki susunan yang berbeda guys, untuk Generic Structure dari Narative text bisa dilihat di bawah ini guy...

Orientation

Kalian pernah baca novel atau cerpen enggak guy? hmm kalo pernah mestinya udah paham kalo biasanya di bagian awal novel atau cerpen dibuka dengan pengenalan tokoh dan setingan tempat dan waktu. Nah, dalam narrative text juga sama, Narrative Text dibuka dengan sebuah paragrap Orientation, disitu akan dikenalkan tokoh, setingan tempat dan waktu dibuatnya cerita tersebut. 

Complication 

Dibagian ini adalah tempat dimana penulis menulisakan isi / content cerita yang sesungguhnya. Peristiwa yang saling berkaitan antara tokoh dengan tokoh lainya, tokoh dengan waktu alur itu dibangun dan dengan tempat berlangsungnya sebuah peristiwa. Kaitan itu juga dapat disebut dengan Konflik antar tokoh, konflik dengan tempat dan waktu juga kadang konflik dengan diri sendiri (galau hehe). 

Ngomong-ngomong masalah konflik ni, ada berapa jenis konflik yang bisa kalian terapkan jika sedang membuat Narrative Text:
Physical Conflict : Konflik yang ini bisa kalian tebak kan guys, yup konflik ini melibatkan kondisi fisik. Pokoknya yang melibatkan fisik, entah itu berantem, berduel, tampar-menampar, pokoknya isinya berantem melulu guys hehe, jangan ditiru didunia nyata ya, dari pada berantem mending tenaganya dibuat berimajinasi untuk menulis naskah adegan berantem, betul enggak?
Physiology Conflict  : Duh yang lagi galau, tau banget sama konflik yang satu ini. Sudahlah, kalian lebih paham sama "kegalauan" kalian hehehe tidak perlu dijelaskan lagi kan.
Natural Conflict : Konflik yang berhadapan langsung dengan alam, bisa dengan kondisi atau keadaan tempat dimana peristiwa terjadi guys. dan yang terakhir adalah
Social Conflict : Nah, Konflik jenis ini terjadi karena pelaku / tokoh dalam cerita berhadapan dengan kondisi sosial masyarakat di dalam cerita. Bisa juga berhadapan langsung dengan tokoh-tokoh lain dalam cerita yang memilki kepentingan yang sama atau bisa juga berbeda guys.

Resolution 

Bagian ini adalah bagian yang terakhir guys, bisa ditebak kan apa isinya? Yup, dibagian ini adalah bagian dimana semua konflik berakhir; yang galau bisa bunuh diri atau bisa bangkit lagi, yang berterngkar bisa ada yang mati atau bisa berdamai, yang pacaran bisa putus dan yang jomblo bisa dapat jodoh trus nikah punya anak punya cucu tua dan mati lagi haha....😅

Language Features of Narrative Text 

Setelah mengerti defenisi Narrative Text, yuk mari kita cari tau apasih  language Features dari narrative text itu.
Menggunakan Past Tense: Karena sifatnya menceritakan, maka tenses yang dipakai tentu yang berkaitan dengan masa lalu. Cara memahami tenses bisa di cek disini guys, biar tambah mantap. oiya mumpung ngomongin masalah tenses, baca juga artikel saya tentang bagaimana menghafal tenses dengan lagu ya, biar cepet hafal.

Menggunakan adverb of time : Pada bagian awal, biasanya diawali dengan adverb of time seperti, Once upon the time, Long time ago, Last time, etc.

Menggunakan banyak Time Conjuction  : Nah, jika di Artikel Desciptive Text banyak menggunakan Adjective Text pada Narrative Text kita banyak menggunakan Time Conjuction.  

Menggunakan dialog : Disini ni bedanya sama text lainya, banyak mengandung dialog. Tidak jarang juga menggunakan Interjection dalam dialognya guys...

Contoh dan Analysisnya

The Cat and the Fox
One day a cat and a fox were having a conversation.

Orientation
The fox, who was a conceited creature, boasted how clever she was. ‘Why, I know at least a hundred tricks to get away from our mutual enemies, the dogs,’ she said.‘ I know only one trick to get away from dogs,’ said the cat. ‘You should teach me some of yours!’ ‘Well, maybe some day, when I have the time, I may teach you a few of the simpler ones,’ replied the fox airily. Just then they heard the barking of a pack of dogs in the distance. The barking grew louder and louder – the dogs were coming in their direction! 

 

 

Complication 
At once the cat ran to the nearest tree and climbed into its branches, well out of reach of any dog. ‘This is the trick I told you about, the only one I know,’ she called down to the fox. ‘Which one of your hundred tricks are you going to use?’ The fox sat silently under the tree, wondering which trick she should use. Before she could make up her mind, the dogs arrived. They fell upon the fox and tore her to pieces.

 

Resolutio

Grammatical Review

Nah guys, setelah melihat contoh di atas, maka kita sudah mencapai akhir dari artikel ini. Jangan sedih ya, artikel selanjutnya masih akan hadir kok hehe

Sekarang kita akan membahas susunan grammatical dari Narrative text di atas...  Bisa dilihat ni keteranganya di bawah ini:


Sentence  Grammatical Review   Explanation





One day a cat and a fox were having a conversation.




Have : Irregular verb (have, had, had)
  • Having : Have using continuous Form
Kita menggunakan have as continouse form pada beberapa kondisi :
  • menyatakan peristiwa yang sedang berlangsung seperti contoh disamping
  • Aktivitas yang sedang terjadi
  • Aktivitas yang akan direncanakan
The fox, who was a conceited creature, boasted how clever she was.
Relative Pronouns : who, whom, whose, which, that.
Relative pronouns : 
Kata ganti yang fungsinya menghubungkan kalimat. Contoh di samping berasal dari kalimat 
  • The fox boasted how clever she was (independent clause/main clause/induk kalimat)
  • She was a conceited creature (Dependent Clause/anak kalimat)
At once the cat ran to the nearest tree and climbed into its branches.
run→ran→run

Simple Past ( S + V2 + O)
Seperti yang sudah kita bahas di awal bahwa, narrative Text menggunakan past tense dalam penyusunan kalimatnya, oleh sebab itu, memahami tenses penting banget guys.

Yup, demikian postingan kali ini guys.... pastikan kalian share postingan ini, karena penulisnya jadi kurang tidur karena menulis sepanjang ini hehehe....

Hargailah penulisnya dengan hanya menekan tobol icon sosmed  di bawah untuk share. Semoga Allah memberikan keiklasan dan keberkahan dari apa yang saya tulis, Amin... Terimakasih.

1 Response to "Penjelasan Narrative text lengkap: Contoh dan analysis grammaticalnya "

Berkomentarlah secara bijak dan sopan serta tidak mengandung kata-kata kotor. Dilarang Menyematkan Iklan, Link yang melanggar SARA dan Link Aktif lainya yang diluar dari Konten Kami. Kami Menerima dengan lapang dada semua bentuk kritikan dan pertanyaan. Terakhir, Selamat membaca dan belajar.
Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel